Bolu Kukus Mekar – Takaran sendok

bolu-kukus-mekar-takaran-sendok

  1. 2 butir telur
  2. 250 gram gula (saya pakai 12,5 sdm)
  3. 250 gram tepung terigu (saya cm pakai 200 gram – 20 sdm)
  4. 1 Bks vanili (2 gram)
  5. 125 ml sprite
  6. 1 sdt ovalet (saya pake merek koepoe)
  7. 4 tetes pewarna makanan
  1. Masukkan dalam baskom : 2 butir telor, gula dan vanili kocok dengan kecepatan rendah sampai tinggi selama kurang lebih 10 menit (sampai putih kaku)

    Bolu Kukus Mekar - Takaran sendok langkah memasak 1 foto Bolu Kukus Mekar - Takaran sendok langkah memasak 1 foto
  2. Kecilkan kecepatan mixer, masukan ovalet.

    Bolu Kukus Mekar - Takaran sendok langkah memasak 2 foto
  3. Masukkan terigu dan sprite bergantian, masukkan sedikit demi sedikit. Kalau saya masukkan 5 sdm terigu lalu 2 sdm sprite dan seterusnya. Kocok dengan kecepatan sedang kurang lebih 20 menit, hasil akhir adonan agak kental.

    Bolu Kukus Mekar - Takaran sendok langkah memasak 3 foto
  4. Bagi adonan, beri pewarna. Saya hanya punya pewarna hijau, saya hanya gunakan 4 tetes.

    Bolu Kukus Mekar - Takaran sendok langkah memasak 4 foto
  5. Panaskan dandang (kukusan), tutupnya ditutup serbet ya biar nanti air nggak netes ke bolu kukus, saya isi air hanya seruas jari

    Bolu Kukus Mekar - Takaran sendok langkah memasak 5 foto
  6. Sambil nunggu dandang panas, tuang adonan ke cup kertas. Saya tuang adonan putih, sisakan sedikit tempat untuk adonan hijau. Foto pertama itu pas dikamar (jadi kelihatan hijau banget) aslinya hijau muda seperti di foto kedua saat di dapur.

    Bolu Kukus Mekar - Takaran sendok langkah memasak 6 foto Bolu Kukus Mekar - Takaran sendok langkah memasak 6 foto
  7. Setelah uap dandang keluar cukup banyak baru deh masukan adonan bolu kukus, kasi jarak biar dia bisa mengembangkan dirinya hehe (“,). Kukus selama 15 menit, jangan buka buka tutup dandang ntar bolunya nggak mau mekar kalau dibuka, jadi sabar aja ya..

  8. Awalnya was-was takut nggak mekar, ternyata luar biasa mekarnya. Malah ada yang nggak mekar bentuk bunga karena kena serbet tutup dandang, soalnya dandang pinjem teman dan serbet yang punyaku kurang lebar.

    Bolu Kukus Mekar - Takaran sendok langkah memasak 8 foto Bolu Kukus Mekar - Takaran sendok langkah memasak 8 foto
  9. Puas dong dengan hasilnya, apalagi pertama bikin langsung mekar mekar gini, sempurna. Resep saya jadi 9 cup + 1 cup tapi nggak penuh. Selamat mencoba semoga berhasil mekar juga

    Bolu Kukus Mekar - Takaran sendok langkah memasak 9 foto
Tags:
Previous Post

Gluten Free Carrot Cake

Next Post

Sambel Ijo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *