Layered Caramel Pudding

layered-caramel-pudding

  1. Bahan Karamel :
  2. 3/4 gelas gula pasir
  3. 1/4 gelas air
  4. Bahan Puding :
  5. 7 butir telur ukuran sedang – besar
  6. 7 sdm gula pasir
  7. 1 kaleng susu evaporasi, ATAU
  8. 400 ml susu uht/ susu sapi murni/ susu bubuk + air
  9. 400 ml air
  10. 3 sdm & 1 sdm tepung terigu
  11. 2 sdm coklat bubuk
  1. Siapkan 2 loyang kaca tahan panas lingkaran berdiameter 24 – 26 cm yang bisa masuk ke kukusan/ dandang besar yang teman teman punya. Siapkan pula kukusannya, isi bagian wadah air 1/2 tinggi wadah saja. Bungkus tutup kukusan dengan serbet/ kain bersih yg sesuai besarnya agar embun tak menetesi adonan.

  2. Pembuatan Karamel (ada 2 cara yang bisa dipilih) : 1. Panaskan gula, air dalam panci saus bersama sama dengan api sedang agak kecil sambil aduk dengan sendok makan logam hingga larut, mendidih dan berwarna coklat. Lalu matikan api agar cairan tak menghitam (aku pernah kelamaan agak gelap kehitaman pahit lo).

  3. Pembuatan karamel cara ke – 2 (tak perlu tambah air) : Letakkan gula dalam panci saus dengan rata, jangan menggunung. Nyalakan api agak kecil, pegang panci pada tangkainya, goyang2 perlahan hingga leleh semua. Matikan api agar tak gosong. Segera tuang ke loyang sebelum makin mengental.

  4. Tuang karamel pada 2 loyang. Usahakan untuk membaginya dengan ketinggian/ ketebalan yang sama. Dinginkan loyang dalam kulkas.

    Layered Caramel Pudding langkah memasak 4 foto
  5. Nyalakan kukusan api sedang. Mulai menyiapkan pembuatan Puding.

  6. Pembuatan Puding : siapkan 2 wadah dan 2 sendok sayur (nantinya 1 untuk putih, 1 untuk coklat). Sisihkan.

  7. Ambil salah 1 wadah untuk mengocok telur & gula dengan mixer hingga putih.

  8. Tuang susu & air ke dalamnya, aduk rata dengan sendok sayur. Tuang separoh bagian ke dalam wadah lainnya (wadah untuk adonan coklat). Bagi adonan hingga pada kedua wadah tingginya kurang lebih sama.

    Layered Caramel Pudding langkah memasak 8 foto
  9. Pada wadah putih beri 3 sdm tepung terigu, aduk rata. Pada wadah untuk yg coklat beri 1 sdm tepung terigu & 2 sdm bubuk coklat, aduk rata. Diamkan.

    Layered Caramel Pudding langkah memasak 9 foto
  10. Ambil 1 loyang berisi karamel. Masukkan ke kukusan yang telah panas.

  11. Aduk adonan putih, tuang 4-5 sendok sayur adonan putih hingga menutupi seluruh bagian karamel. Tutup kukusan, kecilkan api. Tunggu 10 menit.

  12. Buka kukusan, aduk adonan coklat, teteskan 1 tetes ke permukaan puding dalam kukusan untuk mengetes apakah lapisan sudah cukup matang. Bila tetesan coklat langsung bercampur dengan yang putih, berarti lapisan belum matang/ kokoh. Tapi bila tetesan coklat tak bercampur dengan putih, berarti yang putih cukup kokoh, jadi lanjutkan menuang adonan coklat 4-5 sendok sayur di atas lapisan putih. Tutup kukusan. Saat menuang, tuang lembut merata agar lapisan tak rusak. Tunggu matang sekitar 5-7 menit.

  13. Lakukan membuat lapisan putih-coklat bergantian. Begitu terus hingga loyang hampir penuh. Usahakan agar lapisan teratas berwarna coklat agar tampilan tampak halus & bersih.

  14. Setelah loyang selesai diisi hingga matang. Matikan api. Diamkan loyang di dalamnya hingga 5-10 menit, lalu keluarkan hati hati.

    Layered Caramel Pudding langkah memasak 14 foto
  15. Setelah dikeluarkan dari kukusan, lanjutkan dengan mengisi loyang pyrex ke 2. Cara sama dengan yang pertama.

  16. Setelah selesai semua, biarkan mencapai suhu ruang, atau sejukkan dalam kulkas. Iris ketika sudah mencapai suhu ruang/ dingin.

    Layered Caramel Pudding langkah memasak 16 foto Layered Caramel Pudding langkah memasak 16 foto
  17. TIPS 1 : sebelum menuang adonan, jangan lupa mengaduknya dulu, karena tepung/ bubuk mudah mengendap.

  18. TIPS 2 : Usahakan lapisan teratas coklat, karena kalau teratas putih, bila ada serpihan coklat akan tampak kotor.

  19. TIPS 3 : Lama pematangan tiap lapisan sekitar 5-10 menit tergantung besar loyang/ kukusan, ketebalan lapisan, & besar api. Coba teman teman amati sendiri ya berapa waktu kematangan tiap lapisan.

  20. TIPS 4 : Api agak kecil saja. Jangan gunakan api besar, karena bisa membuat permukaan tak halus (berlubang/ bergelombang).

Tags:
Previous Post

Tumis Bunga Pepaya Teri Medan

Next Post

Regal Cheese Strawberry Cup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *