Pizza Teflon Empuk Topping Creamy Ayam Jamur

pizza-teflon-empuk-topping-creamy-ayam-jamur

  1. Bahan Pizza
  2. 400 gr terigu protein tinggi (Cakra)
  3. 100 gr terigu protein sedang (segitiga)
  4. 11 gr ragi instan (fermipan)
  5. 20 gram gula pasir
  6. 2 Butir kuning telur
  7. 340 gram susu full cream cair (aku pakai air putih biasa aja)
  8. 40 gram margarin (BlueBand)
  9. 1/2 sdt garam
  10. Topping Creamy Ayam Jamur (porsi 1 loyang)
  11. Ayam Bumbu
  12. 5 potong paha ayam fillet (atau sesuai selera), potong dadu
  13. 3 buah bawang putih halus
  14. 1 sdt garam
  15. 1/2 sdt merica
  16. 3 sdm minyak untuk menggoreng ayam
  17. Saos Jamur Creamy
  18. 1 sdm margarin untuk menumis
  19. 3 buah bawang putih cincang
  20. 1 buah bawang bombay iris tebal
  21. 1/2 kaleng jamur kancing (belah 2)
  22. 250 cc susu cair UHT full cream (ultra)
  23. 1 sdm tepung maizena (campur dengan sedikit susu)
  24. 1 sdt masako ayam (jangan terlalu asin, karena ada + keju asin)
  25. 1/2 sdt merica bubuk
  26. Topping Tambahan
  27. Secukupnya saos tomat atau saus bolognaise (saya pake Delmonte)
  28. 1/2 kotak keju quick melt Kraft, iris tipis/serut
  29. Secukupnya bubuk oregano (saya pake bubuk Italian Herb)
  1. Buat pizza base

  2. Campurkan tepung, gula, fermipan, telur, dan susu cair. Adon sampai tercampur rata.

  3. Pada saat ini adonan memang terasa lebih lembut atau lembek namun tetap terus mengadon. Boleh ditambahkan tepung sedikit saja untuk mengurangi lengketnya.

  4. Jika sudah tercampur, masukkan margarin dan garam kemudian ulen kembali sampai kalis. Dan bagi 3 adonan, berat masing-masing sekitar 300 gram. Jika tidak ingin langsung digunakan, adonan bisa langsung dimasukkan ke plastik rapat (tanpa proofing) kemudian disimpan di freezer. Insya Allah bisa bertahan 1 bulan.

  5. Adonan yang ingin digunakan di proofing (tutup kain) sekitar setengah jam atau sampai ukurannya mencapai dua kali lipat.

  6. Sambil menunggu adonan proofing ayo kita buat toppingnya.

  7. Campur ayam dengan bawang putih halus dan garam beserta air sedikit kemudian marinasi atau diamkan sebentar sampai meresap.

  8. Panaskan sedikit saja minyak, goreng ayam sampai kedua sisinya kecoklatan. Jangan digoreng kering supaya lebih juicy. Sisihkan.

  9. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai sedikit layu. Kemudian tambahkan jamur kancing. Beri bumbu masako dan merica. Aduk rata kemudian masukkan susu cair sampai mendidih. Terakhir masukkan larutan susu dan maizena, aduk hingga mengental kemudian angkat.

  10. PERSIAPAN MEMANGGANG BAIK DENGAN OVEN MAUPUN TEFLON.

  11. Jika menggunakan oven gunakan suhu 200 derajat Celcius api bawah selama 10 sampai 15 menit. Dan tambahan 5 menit menggunakan api atas bawah.

  12. Jika menggunakan teflon, kalau saya menggunakan teflon bertutup ukuran 20 sampai dengan 22 cm. Gunakan tatakan besi bertingkat dan api sangat kecil.

  13. Adonan yang sudah di proofing, kempeskan dan ulen kembali sampai udaranya hilang. Kemudian lebarkan bentuk sesuai dengan loyang atau teflon. Sebelumnya, Oleskan margarin pada loyang atau teflon dan letakkan adonan di atasnya. Cucuk dengan garpu supaya adonan tidak menggelembung.

  14. Beri saus tomat atau saus bolognaise di atas base pizza dan ratakan. Utamakan untuk bagian pinggir pizza ya karena saus ini akan memberikan warna yang cantik apalagi untuk yang menggunakan teflon saja. Jadi ada seperti efek panggangnya gitu loh.

  15. Kemudian beri creamy jamur di atasnya ratakan dan potongan ayam.

  16. Terakhir taburkan keju quick melt dan bubuk oregano kemudian siap dipanggang.

  17. Karena saya menggunakan teflon, panggang selama 10 menit dengan api sangat kecil, dan tambahan 5 menit dengan api yang agak kecil atau hingga keju meleleh. Jangan lupa ditutup ya.

  18. Pada saat memanggang ini gak musti nunggu sampai bawahnya berwarna kecoklatan banget ya. meskipun warnanya kuning muda insyaallah rotinya udah mateng kok.

  19. Potong pizza sesuai selera dan siap dihidangkan.

    Pizza Teflon Empuk Topping Creamy Ayam Jamur langkah memasak 19 foto
Tags:
Previous Post

Odading (cipeng)

Next Post

Pempek Dos Tanpa Ikan asli Palembang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *